Sabtu, 29 Oktober 2011

MOBIL PERTAMA TANPA PENGEMUDI ???

Leonie, mobil pertama di dunia tanpa pengemudi, ujicoba perdana buah karya ilmuwan dari Universitas Braunschweig, Jerman. Leonie menempuh jalanan padat kota Braunschweig pada tanggal 8 Oktober 2010 sepanjang 12 kilometer secara otomatis. Tanpa kecelakaan apa pun. Leonie mampu dengan sigap menelusuri jalan raya penuh kendaraan lain, belok kiri dan kanan secara otomatis. Tak ada pengemudi lain yang tahu, bahwa ada mobil tanpa sopir yang meluncur di jalan yang sama.
Leonie kadang lumayan agak keras dalam mengerem atau memberi gas, saat mengikuti laju mobil di depannya. Reaksinya tepat sama dengan seorang pengemudi ulung. Teknologi dalam mobil Leonie adalah satu-satunya di dunia, dibuat oleh para ilmuwan dari Universitas Braunschweig dan disponsori oleh NFF (salah satu lembaga riset teknologi transportasi) di negara bagian Niedersachsen. Berbantuan sensor dan teknologi laser, Leonie mampu mengarungi jalan raya yang lumayan padat dalam kota Braunschweig sepanjang 11 kilometer tanpa kecelakaan sekecil apa pun. Bahkan kecepatan Leonie kadang-kadang mampu mencapai 60 km/jam.
Otak Leonie ada di dalam bagasi mobil. Dari luar mobil otomatis ini tampak normal seperti mobil lainnya. Hanya tampak beberapa sensor, utamanya di bagian atap. Ada sebuah server komputer dalam bagasi yang mengendalikan gerak Leonie. Melalui satelit GPS (Global Positioning System) Leonie dapat menghitung posisi aktualnya. Data dari pemindai laser dan sensor radar dihitung oleh server dalam bagasi.
Biaya riset Leonie telah menghabiskan dana sebesar EURO 400.000 (sekitar Rp 5 miliar). Ujicoba perdana Leonie membuktikan, bahwa reaksinya melebihi pengemudi manusia. Ketika ada pengendara sepeda yang melintas tiba-tiba, Leonie sudah bereaksi bahkan sebelum seorang pengemudi manusia mampu memikirkannya. Masa depan mobil sudah jelas. Tidak lama lagi kita tak perlu sopir. Taksi-taksi akan berlalu-lalang tanpa pengemudi. Anda dapat dengan tenang menikmati perjalanan dan pemandangan alam dalam mobil tanpa sopir, dari Surabaya ke Jakarta. Pulang pergi.
Google Sudah Membuat Mobil Otomatis Satu Tahun Sebelum Leonie?
Ternyata sejak lebih dari satu tahun Google secara diam-diam telah meluncurkan mobil cerdas, yang sudah menempuh jarak lebih dari 225.000 kilometer di wilayah California tanpa campur tangan manusia. Tak ada satu pun orang luar yang mengetahui hal tersebut. Memang ada 2 orang di dalam mobil, tapi yang satu hanya mengawasi kalau-kalau terjadi sesuatu sehingga kendali harus diambil-alih manusia. Yang lain adalah seorang pakar software. Hanya beberapa polisi lalu-lintas yang diberitahu oleh Google soal tersebut.
Mobil cerdas milik Google itu berseliweran di Las Angeles, San Francisco, dan batas negara bagian Nevada. Orang mengenalinya sebagai Google Street View. Memang demikian halnya, tetapi sang mobil bergerak tanpa campur tangan manusia. Teknologi yang digunakan Google terdiri dari beberapa komponen. Yang pasti ada beberapa komputer canggih yang terpasang dalam mobil. Posisi kendaraan dihitung sangat cepat oleh komputer berbantuan piranti penerima sinyal GPS dan beberapa sensor pendeteksi gerakan.
Sebuah kamera video memungkinkan software pengendali untuk mengenali pejalan kaki, pengendara sepeda pancal, dan sinyal lampu traffic light. Di bemper depan dan belakang dipasang 4 sensor radar untuk menghitung jarak dengan obyek, misalnya kendaraan di depan dan di belakang. Lalu ada sebuah sensor Lidar dipasang di bagian atap mobil untuk memindai sekeliling mobil. Suatu sinar laser mengukur secara kontinyu jarak mobil dengan obyek sampai radius 70 meter dengan ketepatan plus-minus 1 sentimeter.
Beda mobil cerdas buatan Google itu dengan Leonie adalah tujuan pembuatannya. Google berupaya menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas dan memanfaatkan jalan seefisien mungkin. Selain itu juga memetakan kemacetan di jalan-jalan, mengapa dan bagaimana mengatasinya. Mobil Google melakukan aktualisasi terus-menerus informasi jalan raya dan dikirim ke server di kantor pusat.
Di masa depan komputer akan dibuat demikian rupa sehingga ia dapat menyelesaikan pekerjaan yang kurang bisa dilakukan manusia. Pertanyaannya sekarang, jika Google telah berhasil lebih dari 1 tahun merahasiakan proyek mobil cerdasnya. Apa saat ini, sejak 1 tahun silam, yang diam-diam dilakukan Google? Sesuatu rahasia yang akan baru kita ketahui beberapa saat kemudian.

0 komentar:

Posting Komentar